Biaya Service dan Cat Ulang Duco Lemari

Jul 8, 2018 | | Say something

Anda mau service perbaikan lemari, cat ulang duco lemari, ganti kunci dan handle lemari, ganti pintu sliding menjadi pintu geser lemari, ubah bentuk lemari dan perbaikan kayu lemari anda? Kami adalah perusahaan jasa furniture yang bekerja membuat furniture, melakukan service perbaikan furniture dan melakukan pengecatan ulang furniture termasuk lemari. Kita tahu banyak jenis lemari yang kita kenal dan kita miliki mulai dari lemari baju, lemari wardrobe pakaian, lemari kayu jati, lemari tas, lemari sepatu, lemari pajangan dan sebagainya. Umumnya lemari dicat sebagai bentuk mempercantik lemari itu sendiri baik cat plitur melamik atau cat duco.

Untuk melakukan service perbaikan lemari maka kita harus tahu apa yang harus diperbaiki atau kerusakan apa yang harus diperbaiki, diganti, dibuat baru sehingga service bisa dikerjakan dengan tepat. Berikut jenis service perbaikan lemari yang umum dilakukan:

  1. service perbaikan lemari pintu, yaitu mengubah pintu swing menjadi pintu geser atau sliding sehingga bisa menghemat ruangan.
  2. service perbaikan lemari kayu, yaitu penggantian material kayu yang rusak akibat dimakan rayap, rusak akibat kena air, rusak akibat sobek an sebagainya.
  3. service perbaikan penggantian engsel, handle dan aksesoris lainya. Untuk perbaikan aksesoris ini umumnya dilakukan dengan memberikan grade kualitas masing masing aksesoris furniture tersebut, mulai dari harga murah dan kualias biasa sampai harga mahal dengan kualitas impor dan bagus.

Sebelum melakukan service perbaikan alangkah baiknya kita mengenal jenis jenis material furniture lemari dan furniture lain yang bisa diperbaiki dan diservice serta di cat ulang. Kita tahu bahwa furniture kayu dibuat dari dua bahan utama yaitu kayu solid dan kayu olahan. Kayu solid umumnya sangat kuat dan berat jika dibuat lemari apalagi lemari jaman dulu tahun dibawah 1990 karena persediaan kayu melimpah maka membuat lemari biasanya  menggunakan kayu solid seperti jati, kayu merbau dan sebagainya yang memiliki daya tahan lama dan kuat. Umumnya mereka dicat plitur melamik sesuai warna kayu. Selain kayu solid kita juga mengenal lemari dibuat dari bahan kayu olahan seperti plywood atau multipleks, mdf board, particle board dan blockboard. Kayu olahan yang bagus untuk lemari dan awet umumnya yang terbuat dari bahan plywood atau multipleks, sedangkan untuk bahan lainya umumnya mudah rusak dan sulit untuk dilakukan service perbaikan karena bahan utamanya mudah rusak dan hancur.

Untuk membuat furniture lemari umumnya bahan yang digunakan adalah bahan kayu solid dan kayu olahan. Kayu solid adalah istilah yang paling sering digunakan untuk membedakan antara kayu biasa dan kayu buatan, tetapi juga mengacu pada struktur yang tidak memiliki ruang berongga. Pembuatan produk kayu diproduksi oleh mengikat bersama-sama alur kayu, serat, atau veneer dengan perekat untuk membentuk suatu material komposit. Kayu dirancang termasuk kayu lapis, papan oriented strand (OSB) dan papan serat. Fakta bahwa produk yang dibuat dari kayu solid seringkali disebut-sebut dalam iklan. Namun, dengan menggunakan kayu solid memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kayu solid hanya terdiri dari bahan dasar kayu tanpa dicampur atau di kombinasi dengan bentuk bahan lain atau biasa disebut kayu campuran. Walaupun pada pengerjaannya kita menggunakan sambungan laminasi, finger joint atau konstruksi yang lain untuk papan atas meja misalnya, bahan tersebut masih disebut sebagai kayu solid.

Jenis-jenis dari kayu solid, yaitu ada kayu jati, sungkai, mahoni, kamper dan lain sebagainya. Namun, apa sih yang membedakan dari jenis-jenis tersebut?? Kalau untuk kayu Jati, merupakan kayu yang paling banyak peminatnya, dari segi kualitas juga kayu yang paling bagus. Serat dan tekstur dari kayu jati inilah yang banyak disenangi oleh banyak orang. Furniture yang dibuat dengan bahan Jati, cenderung lebih kuat, awet dan mewah.

Plywood. Plywood sendiri merupakan jenis kayu yang cukup kuat ketahanannya, sehingga apabila digunakan untuk bahan dasar waktunya bisa sampai lama. Plywood juga merupakan kayu dengan olahan yang paling baik kualitasnya. Kayu lapis, kayu yang juga dikenal dengan sebutan polywood atau tripleks ini merupakan kayu olahan dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Ketebalan kayu lapis ini tentu saja sangat mempengaruhi kekuatan kayu. Intinya, semakin tebal kayu lapis maka semakin kuat kayu tersebut. Untuk ketabalan kayunya, biasanya yang ada di pasaran adalah kayu dengan ketebalan 3 mm, 4 mm, 9 mm dan 18 mm dan luasan 244 x 122 cm. Plywood atau Multiplek merupakan jenis kayu lapis yang memiliki lebih dari 3 lapis vinir. Arah serat antara lapisan bawah dan atas harus searah. Ukuran ketebalan multipleknya beragam mulai dari 9, 12, 15, 18, hingga 24 milimeter. Bahan multiplek mudah dibentuk menjadi beragam model dan memiliki tingkat reduksi yang cukup bagus tetapi tidak terlalu tahan terhadap air dan kelembapan.

Untuk melakukan cat duco, prosesnya adalah sesudah dilakukan service perbaikan maka proses pengecatan ulang cat duco lemari baru kita kerjakan. Apa itu cat duco ? Apa variasi warnanya dan berapa harganya?

Menurut arti kata pengecatan sendiri merupakan proses pelapisan atau finishing sebuah benda dengan media cat. Sementara pengecatan duco adalah teknik pengecatan dengan menutup semua pori pori dan urat kayu asli sehingga nampak warna baru dari mebel furniture tersebut. Selanjutnya cat duco diberi finishing akhir pada permukaan furniture dapat berupa dof atau glossy. Warna dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna-warna solid, karena finishing sistem duco dalam interior design digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan kesan elegan pada tahap akhirnya.

Biasanya untuk teknik pengecatan duco menggunakan bahan pencampur berupa tiner. Pilihan untuk cat duco sangat beragam, sehingga sangat cocok digunakan untuk furnitur anak yang membutuhkan warna yang bervariasi. Tetapi pelapis ini relatif mahal harganya dan membutuhkan tahapan pelapisan yang cukup banyak untuk menghasilkan kualitas yang baik, selain itu furnitur yang sudah dicat dengan cat duco serat asli kayu tersebut tidak dapat dikembalikan.

Cat semprot duco menggunakan bahan cat jenis nitrocellulose (NC) merupakan salah satu jenis cat yang paling banyak dipakai dalam industri finishing mebel, pengecatan mobil (sedan, bis, truck), mesin industri, dan alat berat. Cat Nitrocellulose pigment warna dari cat ini dapat menghasilkan penampilan finishing yang sangat indah, lapisan film yang jernih, tipis dan sangat alami, cocok untuk finishing pada produk furniture yang mengutamakan keindahan penampilan.

Jenis Variasi Warna Cat Duco

Teknik pengecatan duco menghasilkan banyak variasi warna yang kita kehendaki. Maka dengan pengecatan duco bisa lebih berekspresi dalam memainkan warna untuk mebel furniture kita. Berikut adalah jenis jenis warna yang umum digunakan untuk pengecatan duco mebel furniture.

Variasi warna cat duco dapat diaplikasikan pada semua mebel furniture yang kita kehendaki. Baik untuk kusen pintu rumah, lemari pakaian, kitchen set, meja makan, meja rias, nakas, tempat tidur dan sebagainya. Variasi warna lain untuk cat duco umumnya adalah cat perak atau emas yang bisa diaplikasikan pada mebel furniture kesayangan anda.

Biaya Pengecatan Duco Lemari

Furniture lemari pada umumnya terbuat dari bahan kayu solid dan bahan kayu olahan seperti MDF Board, Particle Board, Multipleks dan lainnya. Finishing cat duco untuk lemari pakaian merupakan pilihan yang baik dan menarik untuk membuat furniture dalam rumah menjadi lebih berkesan bersih dan mewah. Pada furniture lama seperti berbahan dasar kayu solid jati sering menggunakan teknik pengecatan bukan duco, namun sering waktu dan sering jaman selera kita berubah dan furniture berbahan dasar kayu solid seperti kayu jati mulai banyak menggunakan cat duco sebagai pilihan warnanya, terutama duco putih. Seperti diungkapkan diatas, teknik pengecatan duco mebel furniture sekarang banyak menggunakan bahan cat dari nipe 2000 dan danagloss, dengan harga nipe 2000 lebih murah dibandingkan dari danagloss. Hal ini karena bahan cat itu sendiri sudah lebih mahal diawal.

Untuk biaya penghitungan cat duco lemari pakaian atau lemari baju kita tahu bahwa lemari umumnya memiliki kedalaman sekitar 60 cm dengan panjang dan tinggi bervariasi. Maka patokan harga biaya pengecatan duco umumnya menggunakan patiokan per meter persegi (m2). Misalnya lemari ukuran 3 meter dan tinggi 2 meter, maka volumenya adalah 6 m2. Jika harga biaya pengecatan duco lemari pakaian adalah Rp 700.000 per m2 untuk luar dalam, maka biaya totalnya adalah Rp 4.200.000,- Jika yang dicat adalah bagian luar saja sedangkan bagian dalam tidak dicat maka harganya bisa berbeda meski dengan volume yang sama. Demikian seterusnya. Untuk pengecatan lemari kadang tidak harus sampai dalam ruangan namun bisa juga bagian luar saja sehingga bagian dalam tidak masuk kedalam hitungan. Untuk cara ini tentu akan menghasilkan penampilan bagian luar saja yang kelihatan duco dan ada perbedaan warna dengan cat baru. Harga memang bisa lebih murah namun hasilnya bisa berbeda antara luar dan dalam. Biaya diatas hanya ilustrasi bukan patokan baku. Harga fix bisa dikomunikan ke kami.

Sebagai jasa furniture kami melayani jasa service perbaikan furniture dan cat ulang di area Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Bisa untuk pribadi rumah tangga maupun perusahaan. Terimakasih. kamsia. Matur Suwun.

Please follow and like us:
error

Posted in: Jasa Pengecatan Duco | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *