Biaya Pemasangan Ganti HPL Laminate

Aug 5, 2018 | | Say something

Banyak furniture saat ini menggunakan bahan lapisan hpl laminate sebagai finishingnya. Selain murah,  mudah dan banyak variasinya, hpl mudah diaplikasikan dibandingkan dengan finishing cat. Namun hpl bukan tanpa kekurangan. Umumnya hpl tidak awet lama dan cenderung mudah luntur dan robek dimakan waktu. Maka kita sering melihat lapisan furniture yang hpl nya rusak, robek atau mulai kusam. Solusi memperbaikinya cuma satu yaitu diganti hpl nya. Namun mengganti hpl bukan perkara mudah, karena hpl diproduksi oleh pabrik, maka bisa jadi pemasangan hpl 5 tahun lalu, saat ini hpl yang sama sudah tidak diproduksi, maka untuk mencocokan permintaan dan persediaan pasar umumnya kami harus menanyakan dulu stok hpl di toko besar sehingga bisa memberikan jawaban terhadap hpl yang diminta.

Sebelum membahas lebih detail mengenai biaya pemasangan ganti hpl laminate, kami akan jelaskan dulu apa itu hpl, kekurangan dan kelebihan hpl, cara aplikasi hpl dan sebagainya agar lebih faham dan bisa memahami mengenai hpl itu sendiri.

Apa itu HPL Laminate?

High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. dalam pekerjaan INTERIOR KAPAL pemasangan HPL bisa digunakan sebagai penutup permukaan untuk cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior.

HPL ( High pressure Laminated ) adalah lapisan akhir atau finishing berbagai benda furniture berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir – akhir ini menjadi sangat familier dan cukup menarik minat dunia furniture, terutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang mana biasanya finishing/pelapis terluar menggunakan bahan triplek corak ( jati, sungkai, mahoni, megateak , nyatoh ) kini secara perlahan dan pasti mulai ditinggalkan.

HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa.

HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan bersih dan cepat.

Kelebihan dalam pemasangan hpl antara lain;

1. Prosesnya cukup praktis (tanpa finishing tukang semprot), mudah dan lebih cepat pengerjaannya.
2. Cost dan biayanya lebih rendah
3. Furniture yang menggunakan finishing HPL tidak memerlukan tukang khusus finishing, cukup tukang kayu saja.
4. Warna dan motif furniture akan sama, tidak beresiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco.
5. Memiliki banyak sekali jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit.
6. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray.
7. Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
8. Lebih bersih dalam aplikasinya.
9. Ketahanan yang lebih baik terhadap panas, goresan, zat kimia.
10. Relatif lebih murah.

Ada pula kelemahan material HPL ini, antara lain:

1. Pengerjaan dengan HPL menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidang yang lengkung terlalu kecil, misalnya sudut lengkung dengan jari-jari 5cm. Karena itu biasanya bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan menggunakan paduan dengan sheet plastik.
2. Pemotongan HPL yang kurang sempurna akan mengakibatkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak pula kasus HPL terlihat kurang rapi pada sudut-sudutnya.
3. Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibelnya rendah dan mudah patah sehingga jika tidak hati-hati akan meningkatkan biaya produksinya.
4. Lapisan HPL sering lepas jika proses lem nya tidak sempurna
5. Tampilan HPL tidak semewah Cat Duco.
6. Dibanding Decosit, HPL sedikit lebih mahal.
7. Bagian edging harus difinishing lagi.
8. Kurang natural dibandingkan cat melamik, dimana cat melamik dapat menampilkan keaslian motif urat kayu dari material kayu yang dipakai.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. Oleh karena itu HPL memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas dan goresan. Selain itu HPL memiliki banyak sekali jenis mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit sehingga memiliki banyak pilihan untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray. Perawatannya juga cukup mudah cukup gunakan air bersih dan kain lap untuk membersihkannya.

HPL ini juga memiliki kelemahan yaitu jika proses memotong HPL tidak sempurna maka hasil finishing HPL akan terlihat tidak rapi, terutama pada bagian pinggir / ujungnya karena bagian edging atau pinggirnya harus difinishing kembali. HPL bersifat getas dan mudah patah, sehingga agak susah dibengkokan untuk bidang melengkung.

Nah, berikut ini adalah cara pemasangan HPL yang benar:

1. Pasangkan laminate pada panel multiplex dengan lem kuning, dengan dioleskan 2x pada masing-masing bidang multiplex dan hpl. Tunggu hingga cukup kering, kemudian tempelkan hpl pada multiplex secara perlahan dan ditekan secara berurutan ke arah luar.

Hal ini dilakukan agar udara tidak terjebak di dalam dan hpl merekat kuat dan rata pada multiplex.

2. Potong panel multiplex sesuai ukuran yang diinginkan dengan menggunakan meja potong.

3. Setelah mendapat ukuran panel yang diinginkan, bersihkan dengan amplas pada bagian pinggir bekas potongan.

4. Siapkan edging yang akan ditempel pada pinggiran panel, berikan lem kuning 2x pada masing-masing permukaan. Tunggu hingga cukup kering, setelah itu tempelkan edging secara hati-hati ke pinggiran panel dan tekan secara berurutan ke arah pinggir hingga cukup kuat.

5. Potong sisa pinggiran hpl dengan router, tipe mata pisau samping dan bentuk edging yang sudah rata dengan panel hpl tersebut. Jangan lupa haluskan dengan amplas.

Aplikasi Pemasangan HPL pada Furniture

HPL tidak dapat diaplikasikan pada semua jenis furniture terutama furniture yang memiliki bentuk melengkung bulat atau membentuk sudut yang terlalu tajam, sehingga hpl sering diganti dengan decosheet yaitu lapisan yang mirip hpl namun lebih tipis dan lentur. Karena sifat hpl yang kaku dan mudah patah, umumnya hpl diaplikasikan pada furniture yang memiliki bidang datar sehingga mudah diaplikasikan. Untuk itu maka kita bisa melihat hpl dipasang pada lemari pakaian, kithcen set lemari dapur, meja kantor, meja resepsionis, lemari rak arsip dokumen perusahaan, furniture yang memiliki bidang datar. Jika furniture yang bulat terlalu tajam atau lengkungan terlalu tajam umumnya hpl tidak dapat diaplikasikan karena akan patah dan pecah. Disini kekurangan dan kelebihan furniture akan terlihat.

Jika hpl diaplikasikan apda bidang datar maka pada umumya disandingkan dengan edging, yaitu semacam hpl yang umumnya ditempel pada area kecil sekitar 1 cm hingga 3 cm sebagai pemanis dari ujung ujung hpl yang dipotong. Edging ini berfungsi sebagai pemanis dan pengganti hpl pada sisi ujungnya agar hpl tidak tajam dan lebih indah.

Maka aplikasi hpl dapat diterapkan pada:

  1. pemasangan hpl kitchen set
  2. pemasangan hpl lemari pakaian, lemari lainnya
  3. pemasangan hpl pada meja kantor, meja lainnya
  4. pemasangan hpl pada meja resepsonis
  5. pemasangan hpl dinding ruangan
  6. pemasangan hpl pada backdrop TV dan backdrop lainnya
  7. pemasangan hpl pada tempat tidur dan sebagainya.

HPL dapat diaplikasikan pada furniture dengan dasar utama dari bahan kayu, baik kayu olahan atau kayu solid. Jika bahan untuk menempel hpl bukan kayu pada umumnya kekutan lemnya kurang maksimal, meski dapat dilakukan. HPL ditempel pada kayu dasar karena memiliki kekuatan pada sistem pengelemannya.

Biaya Pemasangan Ganti HPL Furniture

Setelah kita membahas detail mengenai hpl, aplikasi hpl, kekurangan dan kelebihannya, maka saatnya kita bahas biaya pemasangan ganti hpl, harga ganti hpl per meter, jasa ganti hpl furniture dan sebagainya.

Biaya hpl sendiri umumnya ditentukan oleh komponen merk hpl, lem, edging, jasa tukang pasang dan fee keuntungan 10 persen – 20 persen. Merk hpl yang mahal menyebabkan harga pemasangan hpl juga naik. Biaya pemasangan ganti hpl pada umumnya mengikuti standard perhitungan biaya pembuatan furniture, yaitu harga per meter lari, harga per meter persegi dan harga per unit furniture. Maka jika anda bertanya berapa biaya ganti hpl lemari pakaian dan kitchen set? Di sini kami akan memberikan 2 jawaban berbeda dari perhitungan biaya yang berbeda beda juga. Maka untuk memahas lebih detail maka kita bahas satu persatu saja, moga moga bisa memberikan manfaatnya.

Harga pemasangan hpl per meter lari (m1).

Untuk pemasangan hpl dengan perhitungan biaya per meter lari umumnya diterapkan pada furniture seperti kitchen set yang pada umumnya memiliki ketinggian tidak lebih dari 80 cm dan kedalaman 60 cm, maka jika ada kitchen set mau ganti hpl dengan panjang 3 meter sisi atas dan 3 meter sisi bawah, cara perhitungannya adalah dengan menghitung panjang total yaitu 3 meter atas ditambah3 meter bawah dikalihkan biaya per meter lari ganti hpl. Misalnya harga ganti hpl kitchen set sisi luar saja adalah Rp 650.000 per m1, total panjang kitchen set adalah 6 meter maka harga total ganti hpl adalah Rp 650.000 X 6 m = Rp 3.900.000,- Jika penggantian hpl sisi luar dan dalam maka bisa jadi biaya akan naik, misalnya harga per m1 ganti hpl luar dalam kitchen set adalah Rp 950.000 maka dikalihkan 6 meter sama dengan Rp 5.700.000,- Biaya tersebut umumnya sudah termasuk pembuangan hpl lama, dan pemasangan hpl baru dengan edgingnya.

Harga pemasangan hpl per meter persegi (m2).

Untuk furniture yang memiliki bidang luas dengan perhitungan pembuatannya, maka pada harga pemasangan ganti hpl juga akan ditentukan oleh hal tersebut. Misalnya lemari pakaian dengan ukuran panjang 6 m dan tinggi 3 meter mau diganti hpl luar dalam. Maka volume lemarinya adalah 6 m x 3 m = 18 m2. Jika harga per m2 ganti hpl lemari luar dalam adalah Rp 950.000, maka biaya totalnya adalah Rp 17.100.000, biaya tersebut sudah termasuk pembuangan hpl lama, edging dengan hpl merk tertentu. demikian pula jika lemari dengan ukuran lebih kecil atau ukuran berbeda, maka prinsip harga biaya pemasangannya adalah sama saja.

Jika anda mau memasang ganti hpl dinding dengan ukuran dinding 4 meter dan tinggi 3 meter, maka volume dindingnya adalah 12 m2, harga pemasangan hpl didingnya menjadi Rp 650.000 X 12 m2 = Rp 7.800.000,-

Demikian contoh perhitungan biaya pemasangan hpl untuk jelasnya silahkan hubungi kami sebagai jasa pemasangan hpl, gamti hpl furniture yang bisa anda percaya. Kami melayani seluruh area Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor dan Bekasi.

Please follow and like us:
error

Posted in: Pemasangan HPL | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *